Rabu, 20 Maret 2013

Review: MADIUN

Mungkin ada banyak yang belum tahu tentang kota Madiun, kota yang penuh dengan cerita, sejarah, bahkan makanan khasnya...

Kota Madiun, adalah sebuah kota di Provinsi Jawa TimurIndonesia. Kota ini terletak 169 km sebelah Barat Kota Surabaya, atau 114 km sebelah Timur Kota Surakarta. Di Kota ini terdapat pusat industri kereta api (INKA). Madiun dikenal memiliki Lapangan Terbang Iswahyudi, yakni salah satu pangkalan utama AURI, meski sebenarnya terletak di Kabupaten Magetan. Madiun memiliki julukan Kota Gadis, Kota Brem, Kota Pelajar, Kota Sepur, Kota Pecel, Kota Budaya, Kota Sastra, dan Kota Industri.



Gambar di atas adalah alum-alun kota Madiun (kiri atas). Lucu juga ya bentuknya tidak bujursangkar persis tapi agak ‘doyong’ sedikit ke arah kiri.
Gambar di bawah ini juga ada di Madiun. Ada sebidang tanah persegi empat dengan luas yang cukup besar posisinya diagonal dari arah timur laut – barat daya. Mengingat ini letaknya di tengah kota dan sekelilingnya sudah dipenuhi perumahan dan gedung-gedung lainnya, lokasi ini sangat mungkin sudah lama ada di sana (jaman Belanda mungkin?). Apa ya kira-kira peruntukan tanah ini? Kuburan kan? Tapi kenapa arahnya begini?

MAKANAN KHAS
1. Pecel
2. Brem
3. Rangginan
4. Pentol Corah
5. Dll

KESENIAN
1. Dongkrek
2. Tari Keris
3. Dll

Demikian sekilas tentang Madiun, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar